Gampang emosi itu ga baik buat kesehatan lho...

(Foto: shutterstock)


Terkadang ada aja hal yang membuat amarah kita mudah tersulut. Mungkin kamu sebenarnya tidak mengharapkan hal tersebut tetapi entah kenapa sulit sekali mengontrol emosi sehingga kamu otomatis meluapkan amarah itu pada orang-orang di sekitarmu. Sebelum dicap pemarah dan dijauhi temanmu, sebaiknya kamu harus mulai belajar untuk lebih mengendalikan diri. 

Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu kamu supaya tidak langsung ngegas saat terjadi hal yang tidak kamu harapkan. Tidak sulit kok kalo kamu mau mencoba.

1. Belajar bersyukur dan ikhlas
(Foto: positiveroutines.com)

Coba renungkan sejenak, apakah selama ini kamu selalu menetapkan goals atau standar yang terlalu tinggi sehingga kamu langsung down ketika realita malah terbalik dari yang kamu harapkan? Saat hasil yang yang didapat tidak sesuai ekspetasimu, ga perlu langsung panik atau ngegas. Tetaplah selalu bersyukur dan ikhlas, tidak perlu menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Percayalah bahwa selalu ada jalan keluar dari setiap masalah asalkan kamu tetap bersyukur dan mengambil hikmah dari masalah tersebut.

2. Belajar untuk diam saat sedang marah
(Foto: spiritualityhealth.com)

Saat sedang marah, mungkin lebih mudah untuk langsung meluapkannya pada sasaranmu. Tapi apakah itu bisa membuat kamu jadi lega? Yang ada malah menciptakan suasana yang panas dan hubungan pun jadi renggang. Coba deh diam dulu saat lagi marah. Jika itu terlalu sulit, jalan-jalan keluar sejenak sambil menghirup udara segar dan menarik napas dalam-dalam akan membuat pikiranmu jernih kembali dan amarahmu pun mereda.

3. Memiliki lingkungan pergaulan yang positif
(Foto: bbc.com)

Pergaulanmu sangat menentukan karakter dan kepribadianmu. Perluas lingkungan pergaulan yang positif sehingga kamu selalu dikelilingi dengan orang-orang yang positif. Jika selama ini pertemananmu hanya itu-itu saja, cobalah untuk menambah pertemanan dengan memperluas pergaulanmu. Selain dapat teman baru, siapa tahu kamu juga bisa menambah relasi kerja yang baru.

4. Curhat pada orang yang tepat
(Foto: rd.com)

Pastikan kamu curhat ke orang yang benar-benar tepat dan bisa dipercaya agar curhatanmu tidak jadi ‘boomerang’ buat kamu. Dengan meluapkan ‘uneg-uneg’ mu pada orang yang tepat, bisa membantu meredakan amarahmu dan membuatmu rileks kembali. 

5. Berolahraga
(Foto: freepik.com)

Dengan berolahraga juga ampuh lho buat meluapkan semua kemarahanmu karena stres yang memuncak. Selain membuat badan jadi sehat, pikiranmu juga bisa fresh kembali sehingga kamu pun bisa berpikir dengan jernih. Cukup luangkan waktu 15-30 menit setiap hari untuk berolahraga sebelum atau sesudah beraktifitas supaya emosimu selalu stabil dan ga gampang nge-gas. Olahraga yang ringan bisa kamu lakukan, seperti jogging, bersepeda atau atau senam.

6. Perbanyak konsumsi air putih dan makanan yang sehat
(Foto: freepik.com)

Tahu ga sih kalo banyak konsumsi makanan yang berlemak dan cepat saji membuat kamu jadi orang yang gampang emosian? Sebaiknya kurangi makanan yang tidak sehat, selain dapat menimbulkan penyakit juga membuat produktifitasmu menurun. Mulai sekarang perbanyak konsumsi makanan yang sehat dan air putih yang cukup ya. 

7. Beristirahat yang cukup
(Foto: hellomagazine.com)

Coba amati apakah kamu jadi gampang ngegas karena kamu merasa lelah atau capek? Jika iya, berarti yang salah adalah pola tidurmu. Manusia membutuhkan istirahat 6-7 jam setiap hari. Hindari tidur terlalu larut malam, usahakan untuk tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi. Dijamin kamu akan merasa lebih segar dan bersemangat untuk menjalani hari yang baru.

8. Mempunyai hobi yang positif
(Foto: freepik.com)

Selama ini mungkin kamu terlalu sibuk bekerja sehingga kamu tidak punya waktu untuk melakukan hobimu. Atur kembali jadwalmu setiap hari, luangkan waktu 30-60 menit untuk menyalurkan hobimu sehingga pikiranmu bisa rileks dan jadi lebih positif. Membaca dan menulis bisa jadi salah satu hobi yang ampuh lho buat mengusir jauh-jauh hal yang negatif dari dirimu.

9. Pergi berlibur
(Foto: welgrowgroup.com)

Tidak ada waktu untuk berlibur? Ya pantesan aja kalo kamu jadi gampang moody dan langsung ngegas. Break dulu dari segala kegiatan atau rutinitasmu dan pergi berlibur ke tempat yang sudah lama ingin kamu kunjungi. Jika budget mu terbatas, tidak perlu memaksakan diri untuk berlibur ke luar negeri. Cukup berlibur ke luar kota atau tempat wisata terdekat di kotamu. 

Kalo kamu tidak punya banyak waktu untuk pergi berlibur, menikmati me time di salon atau tempat pijat relaksasi sudah cukup membuat pikiranmu segar kembali dan jauh dari emosi negatif.

10. Lebih mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa
(Foto: geb.tv)

Mintalah bantuan pada Yang Maha Kuasa dengan cara berdoa dan lebih banyak mendekatkan diri padaNya sehingga jiwamu akan merasa lebih tenang dan damai. Selain berdoa, kamu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan spiritual sehingga pelan-pelan emosi negatif itu akan memudar dari hidupmu.

Jadi itulah 10 cara 'ampuh' supaya kamu ga gampang ngegas lagi sama lawan bicaramu. Jangan hanya dibaca, tapi langsung dipraktekan ya.